Cara Mengatasi Message : Ether1 Excessive or late collision, link duplex mismatch? Pada mikrotik dan Access Point.

Selamat datang kembali di BangCopo, sudah lama sekali blog ini vacum karena berbagai kesibukan dan kemalasan tentunya,hahaha...

Kali ini BangCopo akan mencoba kembali berbagi masalah dan penyelesaiannya, yang mudah-mudahan bisa bermanfaat buat para pembaca...

Nah, pada kesempatan ini BangCopo akan membahasa bagaimana cara mengatasi Warning Message pada mikrotik, yang isi pesan warningnya seperti ini "Ether1 excessive or late collision, link duplex mismatch?".
Message Warning link duplex mismatch
Message Warning

Saya menemukan pesan error ini kebetulan waktu saya membuat RT/RW Net dirumah, akhirnya saya browsing  cara mengatasinya sempat tanya ke forum-forum juga tapi masih belum mendapatkan solusi.

Akhirnya setelah beberapa hari error ini trus muncul, ada salah satu teman saya dulu waktu kuliah tiba-tiba kirim pesan mungkin itu karena lan speed di mikrotik dan di Access Point nya tidak sama akhirnya muncul "link duplex mismatch?", langsung saja lihat konfigurasi di mikrotik dan di Access Point saya, sebagai informasi saya menggunakan Mikrotik RB750r2 dan Access Pointnya saya menggunakan Ubiquity Rocket M2.


Defaultnya di Mikrotik yang saya gunakan Lan Speed pada Ethernet yang terhubung dengan Access point menggunakan lan speed 10M half, 10M full, 100M half dan 100m full, juga saya lihat di Access Point menggunakan 100Mbps-full.
Rocket M2 set lan speed 100Mpbs-full
Rocket M2 Lan Speed
Lan Speed mikrotik
Lan Speed Mikrotik

Karena di Access Point hanya menggunakan 100Mbps-full dimikrotik saya sesuaikan juga lan speed hanya menggunakan 100m full, setelah saya restart saya cek di log mikrotik ternyata Warning Message masih tetap muncul.


Sampai disini sudah lumayan bingung apa yang salah, akhirnya iseng saya coba lan speed di Access Point saya buat auto saja, dan dimikrotik saya kembalikan seperti semula.

Dan ternyata Warning Message nya ntah pergi kemana sampai sekarang sudah tidak muncul lagi.

Sekian dulu curhatan dari saya, semoga kalau pembaca mempunyai masalah yang sama bisa menggunakan solusi yang saya tulis ini.

Sekian Terimakasih.
Bang Copo
Bang Copo Hanya seorang buruh pabrik yang menyukai perkembangan teknologi

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Message : Ether1 Excessive or late collision, link duplex mismatch? Pada mikrotik dan Access Point."