Cara mengaktifkan fitur DMZ pada modem huawei HG8245H5

DMZ atau Demilitarized Zone adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh perangkat modem yang memiliki fungsi mem-forward jaringan yang dari luar ke jaringan lokal yang sudah ditentukan, fitur ini mirip dengan port forwarding hanya saja DMZ akan memforward semua port.

Fungsi fitur dmz bangcopo.com
DMZ Function


Pada artikel kali saya akan berbagi bagaimana cara mengaktifkan fitur DMZ ini pada huawei HG8245H5. Karena kebetulan saya berlangganan indihome dan  mendapat modem huawei ini dari telkom. Dan saya sendiri memiliki mikrotik yang saya pakai untuk konfigurasi hotspot, dan kadang saya membutuhkan untuk remote mikrotik dari luar jaringan karena itu saya memanfaarkan fitur DMZ ini. 

Sebenarnya ada 2 cara agar mikrotik bisa di akses dari luar jaringan selain menggunakan fitur DMZ ini dan cara ini lebih saya rekomendasikan yaitu dial up langsung di mikrotik dengan syarat mengetahui akun dan password akun indihome-nya, dengan begitu ip public yang di dapat dari telkom langsung didapat oleh mikrotik itu sendiri.

Untuk penjelasannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut : 
1. Sambungkan komputer atau handphone yang akan digunakan untuk konfigurasi ke modem bisa menggunakan kabel atau koneksi wifi.

2. Buka  ip modem menggunakan browser dengan ip default modem huawei 192.168.100.1 dan login dengan akun "Admin" dan password "admin"

3. Setelah masuk halaman konfigurasi modem klik pada menu Advance kemudian pilih Forward Rules dan klik pada menu DMZ Function.

4. Di dalam konfigurasi DMZ Function klik new kemudian klik enable DMZ, dan isikan ip tujuan pada Host Address perhatikan gambar dibawah, untuk kasus saya disini saya memasukkan IP mikrotik.
Cara konfigurasi dmz modem huawei hg8245H5 bangcopo.com
Konfigurasi DMZ

Dengan fitur ini kita bisa melakukan banyak hal, seperti remote mikrotik menggunakan winbox atau webfig, atau bisa juga management hotspot menggunakan mikhmon dari jaringan luar seperti artikel berikut : 


Demikian artikel cara mengaktifkan fitur DMZ pada modem Huawei HG8245H5 ini saya buat mudah-mudahan bermanfaat untuk para pembaca.
Bang Copo
Bang Copo Hanya seorang buruh pabrik yang menyukai perkembangan teknologi

7 komentar untuk "Cara mengaktifkan fitur DMZ pada modem huawei HG8245H5"

  1. klo port foward game gmn? cth terraria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya dibuatin jalur khusus gitu om?

      Hapus
    2. kalau port forwarding kan bisa lebih dari satu internal IP, DMZ cuma untuk 1 IP

      Hapus
    3. Betul bang widji, kelebihannya lagi DMZ lgs forward semua port...
      jadi tidak perlu milih2 lagi port mana yang mau di forward...
      ada kelebihan dan kekurangannya sih...

      Hapus
  2. kalo ip nya shared atau berubah2 bukan ip public static, bisa ga ?
    trim's btw artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bro, selama dapat ip public...
      indihome skrang susah dapat ip public, rata2 dapat private...

      Hapus
    2. tapi kan ip public nya shared, jadi bukan static.

      Hapus