Cara Modifikasi POE Menggunakan Kabel UTP

Haloo teman-teman, bagaimana kabarnya semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu...

Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara modifikasi POE (Power Over Ethernet) untuk modem yang tidak support POE menggunakan kabel UTP.
modifikasi poe bangcopo.com
Modif POE


Kenapa saya menulis artikel ini, karena memang ini salah satu project saya untuk memperluas jangkauan RT/RW Net yang sedang saya bangun, kebanyakan memang Access Point outdoor sudah support POE, dan karena yang saya punya bukan AP Outdoor melainkan AP indoor maka harus dimodifikasi dahulu agar support POE.

Langsung saja peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
1. Kabel UTP
Karena saya akan memperluas jangkuan sekitar 50m dari sumber listrik maka saya menggunakan panjang kabel kurang lebih 50m.
kabel utp belden 50 meter bangcopo.com
Kabel UTP 50M

2. Konektor RJ-45
Konektor ini akan dipasang di setiap ujung kabel UTP.
konektor rj45 bangcopo.com
Konektor RJ45

3. Adaptor 9v 1a
Saya menggunakan adaptor bekas dari Access Point Tp Link yang sudah rusak.
adaptor 9v 1a bangcopo.com
Adaptor 9V

4. POE adaptor
Saya juga menggunakan POE adaptor bekas Access Point TP Link outdoor yang sudah rusak, POE Adaptor ini bisa diganti dengan menggunakan modul Step UP/Down
POE adaptor TPLINK bangcopo.com
POE Adaptor

5. Jack DC Male
Jack DC ini digunakan untuk menyambung power dari kabel UTP agar bisa dipasang ke Access Point, saya menggunakan jack dc bekas adaptor yang sudah rusak, atau kalian bisa membelinya.
jack dc male bangcopo.com
Jack DC Male

6. Access Point
Access Point yang digunakan untuk menyebar sinyal wifi.
access point tplink bangcopo.com
Access Point


Kenapa saya menggunakan POE Adaptor, karena memang panjang kabel yang lumayan panjang sehingga power dari Adaptor berkurang untuk menghidupkan Access Pointnya, akibatnya Access Point tidak bisa bekerja dengan baik (Sering Restart), jika tidak mempunyai POE Adaptor bisa diganti dengan menggundakan modul Step UP pada Adaptor, sehingga tegangan bisa lebih besar dan mampu menstabilkan kinerja Access Point.


Untuk caranya sebagai berikut :
1. Pasang Konektor RJ-45
Buat dua kabel UTP yang sudah terpasang dengan Konektor RJ-45. Yang satu digunakan untuk internet panjang sesuai kebutuhan dengan memasang konektor pada ke dua sisi dan untuk kabel satunya yang panjang 50m pasang konektor RJ-45 pada salah satu ujung kabel UTP, untuk ujung satunya pasang kabel pada urutan 1-2-3-6, atau pada warna putih orange-orang-putih hijau-hijau. Sedangkan untuk urutan kabel 4-5-7-8 atau pada warna biru-putih biru - putih cokklat - coklat, digunakan untuk power POE. lihat tabel dibawah untuk lebih jelasnya.

No. Urutan
Warna
Fungsi 
1
Putih Orange
Data
2
Orange
Data
3
Putih Hijau
Data
4
Biru
Power (+)
5
Putih Biru
Power (+)
6
Hjau
Data
7
Putih Coklat
Power (-)
8
Coklat
Power (-)

hasil modifikasi poe menggunakan kabel utp bangcopo.com
Hasil modifikasi POE

2. Sambung Jack DC Male
Sambungkan Jack DC Male pada kabel UTP dengan urutan warna biru-putih biru untuk (+) Plus, dan putih coklat-coklkat untuk (-) Minus. Seperti gambar di bawah.
jack dc dengan kabel utp bangcopo.com
Jack DC dengan kabel UTP

Jika sudah selesai memasang kabel dengan konektornya masing-masing langkah terakhir adalah mencoba memasang semua, dan inilah hasilnya :

hasil speedtest modif poe menggunakan kabel utp bangcopo.com
Hasil Speedtest


Dan cukup disini saja artikelnya dengan manggunakan cara ini saya bisa berhemat ratusan ribu rupiah karena memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tidak dipakai,heheheh

Sekian terimakasih semoga bermanfaat.

Bang Copo
Bang Copo Hanya seorang buruh pabrik yang menyukai perkembangan teknologi

Posting Komentar untuk "Cara Modifikasi POE Menggunakan Kabel UTP"