Cara Instalasi Mikhmon Offline menjadi Online Dengan Fitur DMZ dan IP Cloud Mikrotik.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuat tutorial cara instalasi mikhmon offline menjadi online dengan memanfaatkan fitur DMZ dan IP Cloud pada mikrotik. Sehingga dengan cara ini kalian akan bisa mengakses mikhmon meskipun berada di luar jaringan lokal. Seperti contoh ketika kalian harus meng-Generate user hotspot ketika sedang tidak dirumah dan kalian bisa melakukan ini dari warnet.

Langsung saja penjelasannya .
1. IP Cloud mikrotik
Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur IP Cloud pada mikrotik, IP Cloud mikrotik ini mirip dengan DDNS (Dynamic DNS) sehingga meskipun ip public dari isp berubah masih bisa diakses menggunakan IP Cloud ini karena mikrotik akan melakukan update ketika ip public dari isp berubah.
Cara mengaktikan IP Cloud Mikrotik sebagai berikut :

  • Buka winbox dan login sebagai Admin.
  • Klik pada menu IP > Cloud > Centang pada "DDNS Enable"
  • Catat Public address atau Dns Name karena ini yang akan kita gunakan pada mikhmon nanti.

konfigurasi ip cloud mikrotik bangcopo.com
IP Cloud Mikrotik

2. DMZ
Langkah kedua adalah harus mengaktifkan fitur DMZ pada modem. Apa itu DMZ? DMZ atau DeMilitarized Zone sederhananya adalah fitur yang memungkinkan agar perangkat dibalik modem bisa di akes dari luar jaringan, fitur ini mirip dengan port forwarding hanya saja DMZ membuka semua port yang ada. Kenapa harus mengaktifkan fitur ini karena ketika IP Cloud diakses dari luar agar bisa langsung ter-forward ke ip lokal mikrotik, jsdi tidak muncul halaman login modem.
Untuk mengaktifkan fitur DMZ bisa di baca disini : 


3. Intsall mikhmon
Instalasi mikhmon bisa di komputer atau handphone android melalui termux, ikuti langkah di web resminya Klik Disini https://laksa19.github.io/. Jangan lupa untuk mengaktirkan port API pada mikrotik karena mikhmon menggunakan port API untuk koneksinya. Untuk mengaktifkannya ada di menu IP > Service. Secara default API port adalah 8728 dan bisa diganti sesuai keinginan dan juga untuk ke amanan.
Konfigurasi Port Api mikrotik bangcopo.com
port API


4. Konfigurasi mikhmon
Buka mikhmon yang sudah terinstall di komputer atau di HP, kemudian login dengan user "mikhmon" password "1234". Kemudian isi konfigurasi mikhmon sesuai dengan konfigurasi hotspot kalian dan pada IP Mikotik isikan dengan IP Cloud/DNS Name yang sudah di dapat dimikrotik seperti gambar dibawah.

Jika sudah terisi klik save terlebih dahulu dan test dengan Ping. Jika test ping sudah berhasil maka konfigurasi mikhmon offline rasa online sudah berhasil.
konfigurasi mikhmon dengan ip cloud mikrotik bangcopo.com
Mikhmon


Untuk membuka di Hanphone android menggunakan browser konfigurasinya sama seperti di atas. Jika menggunakan Aplikasi mikhmon mobile jalankan termux yang sudah terinstall mikhmon terlebih dahulu kemudian masukkan ip yang muncul di termux ke url di aplikasi mikhmon. seperti gambar dibawah

Dan masukkan kembail DNS IP Cloud mikrotik di mikhmon mobile
konfigurasi mikhmon mobile bangcopo.com
Mikhmon Mobile

Demikian artikel cara instalasi Mikhmon Offline agar menjadi Online dengan menggunakan fitur DMZ dan IP Cloud pada Mikrotik ini saya buat. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih.


Bang Copo
Bang Copo Hanya seorang buruh pabrik yang menyukai perkembangan teknologi

Posting Komentar untuk "Cara Instalasi Mikhmon Offline menjadi Online Dengan Fitur DMZ dan IP Cloud Mikrotik."