Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan

Selamat datang kembali di blog saya, pada artikel kali ini saya akan menulis bagaimana cara me-Remote mikrotik dari luar jaringan. disini saya menggunakan koneksi dari indihome,

Seperti yang kita ketahui jika berlangganan indihome akan mendapatkan IP Publik dinamis yang artinya IP akan berubah terus ketika modem mati atau di-Restart. Karena itu hal ini menyulitkan kita untuk mengakses mikrotik dari luar jaringan.

Sebenarnya ada beberapa metode yang biasa di pakai, tetapi disini saya akan menjelaskan hanya 2 metode yang biasa saya gunakan.

Sebelumnya pastikan dulu IP yang di dapat dari ISP sudah terpasang di Mikrotik, bias menggunakan Dial-Up langsung dari mikrotik, atau memanfaatkan fitur DMZ yang di miliki oleh modem Indihome, untuk tutorialnya bias di baca disini :

        Baca Juga : Cara mengaktifkan fitur DMZ

langsung saja berikut penjelasannya :

A. IP Cloud Mikrotik


Fitur ini adalah fitur standart dari Mikrotik Routerboarsi routerboard memiliki fitur ini kecuali routerboard x86 atau mikrotik yang di install di Komputer.

1. Buka mikrotik lewat winbox
2. Klik pada menu IP > Cloud
3. Centang pada "DDNS Enable"
4. Centang pada "Update Time" agar terupdate terus ketika ganti IP Publik
5. Setelah selesai akan muncul DNS Name, simpan DNS Name tersebut karena alamat itu yang akan digunakan untuk meremote mikrotik dari jarak jauh.
enable ip cloud mikroitk bangcopo.com
IP Cloud Mikrotik

B. DDNS Tunnel.my.id

Metode selanjutnya saya memanfaatkan fitur gratis dari tunnel.my.id, sebenarnya konsepnya sama dengan IP Cloud Mikrotik yaitu mengupdate terus IP Public dinamis yang di berikan oleh ISP agar tetap terkoneksi dengan DNS. Langkah-langkahnya seperti berikut :

1. Buka web http://tunnel.my.id dan daftar akun baru.
2. Setelah mempunyai akun caru kemudian daftar ddns dengan mengklik add ddns.
3. Masukkan subdomain yang diinginkan kemudian simpan.
4. Setelah disimpan kalian akan mendatkan data nama Subdomain dan URL Update.
pendaftaran ddns di tunnel.my.id bangcopo.com
DDNS tunnel.my.id

5. Kemudian buka mikrotik menggunakan winbox dan masuk ke menu System - Scheduller dan masukkan script seperti berikut :  /tool fetch url=http://members.tunnel.my.id/ddns/bangcopo/URL_Subdomain_anda mode=http
setting scheduler mikrotik dengan url tunnel.my.id bangcopo.com
Scheduler Mikrotik

6. Atur interval scheduler setiap 10 menit atau sesuai dengan kebutuhan, agar ketika IP Dinamis ganti bisa otomatis terupdate sendiri setiap 10 menit.

Demikian Cara Remote Mikrotik dari Luar Jaringan semoga bisa membantu para pembaca, kalau mungkin nanti saya pakai cara lain untuk remote mikrotik akan saya update lagi artikel ini, atau mungkin pembaca mempunyai cara sendiri bisa ditulis di komentar. Untuk sekarang saya masih menggunakan fitur gratis dari tunnel.my.id, mohon maaf kalau ada kekurangan dalam tulisan ini.
Bang Copo
Bang Copo Hanya seorang buruh pabrik yang menyukai perkembangan teknologi

3 komentar untuk "Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan"